Kali
ini Shasa mau bahas topik yang akhir-akhir ini hangat dibicarakan, yaitu
kurikulum baru 2013 yang rencananya mapel SD akan disederhanakan jadi 7
pelajaran (Agama, PKn, B. Indonesia, Matematika, Seni Budaya, Olahraga,
Pengetahuan Umum) dan automatically, Bahasa Inggris dihapus karena menurut
pihak yang berwenang (?) pelajaran ini ngebebanin siswa SD.
hmm
ngebahas TK dulu boleh kan ya? TK Shasa menurut aku jahat-_- TK udah ada
matematika yang kerumitannya sama kayak kelas 1-2 SD, TK A semester 1 akhir
udah harus bisa baca-tulis jadi pas semester2-TK B itu pelajarannya banyak
mendikte otomatis udah harus bisa baca-tulis. Udah gitu pelajaran bahasa
Inggris, dan kurang lebih ngehafal berbagai macam vocab dan kalo ditotalin
kurang lebih ada 50-70an Vocab, okelah kalo di sekolah-sekolah jaman sekarang
sih mungkin itu wajar-wajar aja tapi menurut Shasa nggak. Masa TK yang harusnya
bisa lebih fun terenggut oleh pelajaran-pelajaran ituu \(◣_◢!)/ bahkan
Shasa ga ngerasain adanya pendidikan karakter pas di TK, satu-satunya pelajaran
yang Shasa suka pas TK itu melukis! Yapppp dimana kita bisa nuangin inspirasi
melalui garis, warna, ngepaduin berbagai warna, ngegradasi, ah pokoknya setiap
ada pelajaran ngelukis rasanya semangaatt banget ke sekolah.. Btw ini kenapa
jadi curcol-_- skip.
From
my point of view nih ya, fifty-fifty alias bingung mau setuju atau ngga sama
kebijakan kurikulum baru ini.
Setuju
karena, kasian tau anak kelas 1 SD bawa tas berat banget >,< *flashback*
karna menurut aku sekolah jaman sekarang kadang terlalu mentingin target dan
ujung-ujungnya terkesan ngajarin siswa sejak dini buat nyari nilai-_- aku
sendiri sebagai pelajar kadang ga tau "apa hubungannya pelajaran yang aku
pelajarin sekarang sama manfaat didunia nyata" Karna guru sering banget ga
ngejelasin gimana caranya ngeaplikasiin hal yang sekarang dipelajarin
dikehidupan sehari-hari. Kalo SMP sih yaa bisalah ngemikirin sendiri, tapi kalo
anak SD? Misal. Di SD kita diajarin Pythagoras, tapi apa gurunya pernah
ngejelasin tujuan dari pythagoras itu apa? Ngga pernah, bahkan smp sekarang
Shasa masih banyak belum ngerti tujuan/maksud segudang rumus matematika pas
diterapin dikenyataan itu apa. Menurut aku, TK-SD harusnya lebih banyak ngeaplikasiin
teori ke praktek, jadi studying in the fun way + bikin siswa jadi berfikir
kreatif sejak dini. *aishbahasanya~~
Ngga
setuju karena.... Ga ada bahasa Inggrisnya.___.v bukannya gimana sih kalo SD ga
ada bahasa Inggris takutnya pas SMP baru ada bahasa Inggris jadi udah agak
susah + males ngertiin vocab dan blablablanya. Seriously sepengalaman aku,
ngertiin ataupun ngafalin suatu hal tuh jauh lebih gampang pas SD daripada SMP,
dunno why mungkin ketika SMP pikiran udah bercabang kemanamana. Udah gitu nih ya
kalo ga ada bahasa Inggris berarti anak yang (mau) belajar bahasa Inggris mesti
les dong? Trus kalo ada anak yang ga mampu bayar biaya les ataupun tinggal
didaerah pedalaman jadi susah buat dapet akses belajar bahasa Inggris
gitu?--" Next, Pengetahuan Umum (IPS)! Semoga IPS SD tetep masih ada
Sejarah + pengetahuan umumnya, yakali kalo SD ga ada sejarah mau jadi apa ni
negara ga dikenalin ngehargain jasa pahlawan sejak kecil? Geografi-ekonominya
dikurangin deh. Sesungguhnya geografi SD itu agak tidakberperikemanusiaan-_-
yekaliii waktu SD kelas 6 tuh ya, disuruh ngafalin seluruh ibu kota benua
Afrika-Asia-Amerika trus sama profil-geografi negara-negara di Asia Tenggara.
Kalo Asia Tenggara sih hmm boleh-boleh aja lah nambah pengetahuan dikit
tapi..... Ngafalin ibukota 3 benua itu rasanya aneh, soalnya sekarang juga
Shasa udah lupa hampir semua yang udah dihafalin pas SD dulu-_- dan TIK!
Astagaaa yakali SD ga ada TIK trus pas masuk SMP masih banyak anak yang
gabisa ngetik di Ms. Word dan gatau internet getoh? Sedangkan Indonesia masih
negara berkembang, dan setau akuuu salah satu ciri negara maju itu menguasai
IPTEK, gimana Indonesia bisa maju kalo Teknologi Informasi, komputer dlsb ga
dipelajarin di sekolah? Pengennya sihya, pelajaran semacam Bahasa Inggris +
Komputer/TIK tetap ada dengan pengevaluasian materi, jadi kalo materi buat SD
jangan terlalu banyak gitudeh ya pokoknya jangan sampe lah nanti ada anak baru
masuk SMP tapi gatau gimana caranya ngeoperasiin komputer dan gabisa bahasa
Inggris.__.
Tapi
yaa aku yakin wakil para siswa di kemendiknas lebih tau yang terbaik buat anak
Indonesia dan aku harap keputusan mereka juga yang terbaik buat kita, anak
Indonesia.
Intinya,
apapun kurikulumnya Shasa pengen supaya sistem pembelajarannya diubah jadi lebih
menyenangkan ga bikin siswa tertekan + mendorong siswa buat berfikir kreatif
dan ga membiasakan diri untuk menghapal pelajaran, tapi memahamin pelajaran dan
ngerasain sebenarnya berapa indahnya dunia pengetahuan itu. :)
Oke
segini dulu postnya, maaf kalo terkesan sotoy atau apalah itu namanya, I just
share some of my point of view about the topic, ehehe What's on ur mind about
this problem guys?☺ xoxo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar