Total Tayangan Halaman

7031

Kamis, 25 Oktober 2012

Kurikulum Baru, Wdyt?


Kali ini Shasa mau bahas topik yang akhir-akhir ini hangat dibicarakan, yaitu kurikulum baru 2013 yang rencananya mapel SD akan disederhanakan jadi 7 pelajaran (Agama, PKn, B. Indonesia, Matematika, Seni Budaya, Olahraga, Pengetahuan Umum) dan automatically, Bahasa Inggris dihapus karena menurut pihak yang berwenang (?) pelajaran ini ngebebanin siswa SD.


hmm ngebahas TK dulu boleh kan ya? TK Shasa menurut aku jahat-_- TK udah ada matematika yang kerumitannya sama kayak kelas 1-2 SD, TK A semester 1 akhir udah harus bisa baca-tulis jadi pas semester2-TK B itu pelajarannya banyak mendikte otomatis udah harus bisa baca-tulis. Udah gitu pelajaran bahasa Inggris, dan kurang lebih ngehafal berbagai macam vocab dan kalo ditotalin kurang lebih ada 50-70an Vocab, okelah kalo di sekolah-sekolah jaman sekarang sih mungkin itu wajar-wajar aja tapi menurut Shasa nggak. Masa TK yang harusnya bisa lebih fun terenggut oleh pelajaran-pelajaran ituu \(_!)/ bahkan Shasa ga ngerasain adanya pendidikan karakter pas di TK, satu-satunya pelajaran yang Shasa suka pas TK itu melukis! Yapppp dimana kita bisa nuangin inspirasi melalui garis, warna, ngepaduin berbagai warna, ngegradasi, ah pokoknya setiap ada pelajaran ngelukis rasanya semangaatt banget ke sekolah.. Btw ini kenapa jadi curcol-_- skip.


From my point of view nih ya, fifty-fifty alias bingung mau setuju atau ngga sama kebijakan kurikulum baru ini. 


Setuju karena, kasian tau anak kelas 1 SD bawa tas berat banget >,< *flashback* karna menurut aku sekolah jaman sekarang kadang terlalu mentingin target dan ujung-ujungnya terkesan ngajarin siswa sejak dini buat nyari nilai-_- aku sendiri sebagai pelajar kadang ga tau "apa hubungannya pelajaran yang aku pelajarin sekarang sama manfaat didunia nyata" Karna guru sering banget ga ngejelasin gimana caranya ngeaplikasiin hal yang sekarang dipelajarin dikehidupan sehari-hari. Kalo SMP sih yaa bisalah ngemikirin sendiri, tapi kalo anak SD? Misal. Di SD kita diajarin Pythagoras, tapi apa gurunya pernah ngejelasin tujuan dari pythagoras itu apa? Ngga pernah, bahkan smp sekarang Shasa masih banyak belum ngerti tujuan/maksud segudang rumus matematika pas diterapin dikenyataan itu apa. Menurut aku, TK-SD harusnya lebih banyak ngeaplikasiin teori ke praktek, jadi studying in the fun way + bikin siswa jadi berfikir kreatif sejak dini. *aishbahasanya~~


Ngga setuju karena.... Ga ada bahasa Inggrisnya.___.v bukannya gimana sih kalo SD ga ada bahasa Inggris takutnya pas SMP baru ada bahasa Inggris jadi udah agak susah + males ngertiin vocab dan blablablanya. Seriously sepengalaman aku, ngertiin ataupun ngafalin suatu hal tuh jauh lebih gampang pas SD daripada SMP, dunno why mungkin ketika SMP pikiran udah bercabang kemanamana. Udah gitu nih ya kalo ga ada bahasa Inggris berarti anak yang (mau) belajar bahasa Inggris mesti les dong? Trus kalo ada anak yang ga mampu bayar biaya les ataupun tinggal didaerah pedalaman jadi susah buat dapet akses belajar bahasa Inggris gitu?--" Next, Pengetahuan Umum (IPS)! Semoga IPS SD tetep masih ada Sejarah + pengetahuan umumnya, yakali kalo SD ga ada sejarah mau jadi apa ni negara ga dikenalin ngehargain jasa pahlawan sejak kecil? Geografi-ekonominya dikurangin deh. Sesungguhnya geografi SD itu agak tidakberperikemanusiaan-_- yekaliii waktu SD kelas 6 tuh ya, disuruh ngafalin seluruh ibu kota benua Afrika-Asia-Amerika trus sama profil-geografi negara-negara di Asia Tenggara. Kalo Asia Tenggara sih hmm boleh-boleh aja lah nambah pengetahuan dikit tapi..... Ngafalin ibukota 3 benua itu rasanya aneh, soalnya sekarang juga Shasa udah lupa hampir semua yang udah dihafalin pas SD dulu-_- dan TIK! Astagaaa yakali SD ga ada TIK trus pas masuk SMP  masih banyak anak yang gabisa ngetik di Ms. Word dan gatau internet getoh? Sedangkan Indonesia masih negara berkembang, dan setau akuuu salah satu ciri negara maju itu menguasai IPTEK, gimana Indonesia bisa maju kalo Teknologi Informasi, komputer dlsb ga dipelajarin di sekolah? Pengennya sihya, pelajaran semacam Bahasa Inggris + Komputer/TIK tetap ada dengan pengevaluasian materi, jadi kalo materi buat SD jangan terlalu banyak gitudeh ya pokoknya jangan sampe lah nanti ada anak baru masuk SMP tapi gatau gimana caranya ngeoperasiin komputer dan gabisa bahasa Inggris.__. 

Tapi yaa aku yakin wakil para siswa di kemendiknas lebih tau yang terbaik buat anak Indonesia dan aku harap keputusan mereka juga yang terbaik buat kita, anak Indonesia.
Intinya, apapun kurikulumnya Shasa pengen supaya sistem pembelajarannya diubah jadi lebih menyenangkan ga bikin siswa tertekan + mendorong siswa buat berfikir kreatif dan ga membiasakan diri untuk menghapal pelajaran, tapi memahamin pelajaran dan ngerasain sebenarnya berapa indahnya dunia pengetahuan itu. :)

Oke segini dulu postnya, maaf kalo terkesan sotoy atau apalah itu namanya, I just share some of my point of view about the topic, ehehe What's on ur mind about this problem guys? xoxo.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar